Iklan

ads

SERVIS MANUAL MESIN 4D56

 

Mesin 4D56 adalah mesin diesel legendaris dari Mitsubishi yang diperkenalkan sekitar tahun 1980, dikenal dengan keandalannya dan digunakan pada banyak kendaraan Mitsubishi seperti L300 dan L200/Triton. Mesin ini mengalami berbagai penyempurnaan, dari versi awal yang belum menggunakan turbo dan injeksi langsung, hingga versi turbo dan common rail yang lebih bertenaga, dan akhirnya digantikan oleh mesin diesel modern yang lebih ramah lingkungan setelah populer di pasar seperti Indonesia. 

Sejarah dan Perkembangan

 1.    Pengenalan Awal: 

Mesin 4D56 diperkenalkan oleh Mitsubishi pada tahun 1980 sebagai pembangkit listrik diesel 4 silinder dengan penggerak sabuk. Mesin ini mulai dikenal luas sebagai "pekerja keras". 

2.      Versi Awal: 

Mitsubishi Colt L300 menjadi salah satu model paling awal yang menggunakan mesin ini, dengan konfigurasi 4 silinder 2.5L SOHC. 

3.      Penyempurnaan Teknologi: 

Mesin ini terus dikembangkan. Versi awal pada L200 Strada tahun 2002 belum dilengkapi sistem injeksi langsung dan turbo, namun versi selanjutnya pada Triton tahun 2008 sudah menggunakan turbocharger dan direct injection, meningkatkan tenaganya secara signifikan. 

4.      Era Common Rail: 

Seiring perkembangan teknologi, Mitsubishi juga menyematkan sistem Common Rail Turbocharged and Intercooled pada 4D56 yang disematkan pada Pajero Sport generasi kedua di Indonesia sekitar tahun 2009, memberikan tenaga lebih besar. 

5.      Teknologi VGT: 

Pada tahun 2011, teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) ditambahkan pada mesin 4D56 DI-D Common Rail untuk performa yang lebih tangguh sekaligus efisien. 

6.      Penggantian: 

Meskipun begitu populer dan memiliki basis penggemar yang besar, mesin 4D56 akhirnya digantikan oleh mesin diesel baru berteknologi MIVEC, seperti mesin 4N15 2.4L, untuk memenuhi standar emisi dan kebutuhan bahan bakar yang lebih efisien. 

7.      Popularitas dan Penggunaan Indonesia: 

Mesin 4D56 sangat populer di Indonesia karena digunakan pada Mitsubishi L300 dan L200/Triton, menjadikannya pilihan yang andal di kalangan pemilik kendaraan komersial.



SERVIS MANUAL MESIN


Tidak ada komentar:

ads
Diberdayakan oleh Blogger.