- catatan ringanku -

MANAJEMEN BENGKEL

 


Dasar Manajemen

 a. Pengertian Manajemen

 Manajemen atau dalam Bahasa inggris “management” adalah upaya terarah dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Griffin, dalam buku “Management, mengatakan: “manajemen adalah proses merencanakan dan mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, keuangan, fisik dan informasi guna mencapai sasaran organisasi secara efisien dan efektif.

Manajemen  dapat  diterjemahkan  dengan  “pengurusan”  dan  atau “pengelolaan”. Manajemen merupakan sekelompok orang yang meduduki jabatan  penting  dalam  suatu  organisasi.   Mereka  bertugas  mengkoordinasi orang di bawah kendali mereka dan sarana prasarana, melalui fungsi merencanakan, mengkoordinasikan, mengarahkan, mengendalikan, mengkoordinasi pekerjaan orang lain untuk mencapai tujuan.

b. Konsep Manajemen

Pengertian Manajemen menurut G.R.Terry, manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain. Dari definisi di atas, dalam manajemen terdapat beberapa unsur, yaitu tujuan yang sudah ditetapkan; tujuan tersebut dicapai dengan menggunakan kegiatan orang lain tersebut perlu dikendalikan. Secara filosofi, maka manajemen dapat dilihat dari tiga sudut:

  • Sudut  Proses:  manajemen  merupakan  proses  bimbingan  dan  pemberian fasilitas terhadap kegiatan orang lain yang terorganisasi dalam kelompok- kelompok formal guna mencapai tujuan yang dikehendaki.
  • Sudut  Fungsi:  manajemen  merupakan  proses  kegiatan  untuk  mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam mencapai tujuan tersebut ada fungsi- fungsi yang harus dilaksanakan yaitu: planning, organizing, staffing, directing dan controlling.
  • Sudut Institusi/ kelembagaan: manajemen merupakan suatu kelembagaan yang melakukan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan.
c. Fungsi Manajemen

 Harold Koontz & Cyril  Donnel  membagi fungsi manajemen menjadi perencanaan,   pengorganisasian, pengangkatan staf, pengarahan dan pengawasan/ pengendalian; sedangkan Ricky W. Griffin manajemen mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. 

1)    Fungsi Perencanaan

2)    Organizing (pengorganisasian)

3)    Pengarahan

4 Controlling (pengendalian)




 

Labels: Diklat BMTI 2023

Thanks for reading MANAJEMEN BENGKEL. Please share...!

0 Komentar untuk "MANAJEMEN BENGKEL"
Komentar baru tidak diizinkan.
Back To Top